Sabtu, 02 Februari 2013

10 Makanan Korea


  1. Kimchi
    Kimchi adalah makanan tradisional Korea. Kuliner ini berbentuk asinan sayuran yang diberi bumbu pedas. Racikan bumbu pedas tersebut terdiri dari udang krill (sejenis hewan laut kecil yang menyerupai udang), kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran seperti sawi dan lobak menjadi pilihan utama dalam pembuatan kimchi. Selain itu, makan kimchi juga merupakan tradisi yang sangat kental dengan budaya nenek moyang bangsa Korea.
  2. Bibimbap
    "bibim" berarti campur dan "bap" berarti nasi. Jadi, bibimbap merupakan nasi campur khas Korea. Makanan ini terbuat dari nasi yang diberi lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan gochujang (saus pedas khas Korea).
  3. Bulgogi
    Makanan ini termasuk masakan daging khas Korea. Bagian daging yang dipakai adalah bagian sirloin atau bagian daging yang bagus lainnya. Sebelum dimakan, bulgogi dibungkus dulu dengan daun selada bersama bawang putih dan kimchi.
  4. Japchae
    Japchae adalah makanan korea berupa  sohun (dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis  sayuran dan daging sapi. Makanan ini termasuk salah satu banchan, dan dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim. Japchae ditulis dengan dua aksara hanja, jap (hangul:
    , hanja:, dicampur dan diaduk) dan chae (hangul:, hanja:, sayuran).
  5. Hoeddeok
    Hoeddeok merupakan pancake versi Korea yang biasa dijajakan di jalan-jalan. Sementara itu, anak-anak kecil di Korea sangat menggemari jajanan manis ini. Bila dibandingkan dengan pancake versi western, Hoeddeok ini lebih rumit membuatnya. Adonan Hoeddeok mesti ditambahkan kayu manis, gula merah, dan kenari. Kemudian adonan dipanggang hingga matang.
  6. Dakjuk
    Sepintas masakan ini terlihat seperti bubur ayam, namun tentu tidak semirip itu. Bubur khas Korea ini menawarkan sensasi gurihnya ayam dan aroma bawang putih yang semerbak. Disamping itu, Dakjuk tidak tergolong makanan berat sehingga bisa dinikmati kapan saja.
  7. Ddukbokkie
    Anda yang pernah menonton drama Korea pasti tahu masakan yang satu ini. Ddukbokkie merupakan jajanan yang dapat Anda temui di seluruh jalanan Korea, terutama pada malam hari. Masakan ini sangat terkenal di Korea dan biasa dimakan sebagai camilan.
  8. Seolleongtang
    Ini merupakan masakan sup yang terkenal di Korea. Seolleongtang sendiri adalah sup tulang sapi yang sangat gurih dan biasa dihidangkan pada musim panas.
  9. Soondubu Jiggae
    Soondubu Jiggae termasuk masakan rebusan yang lebih kental dari sup dan lebih ringan dari bubur. Masakan ini terbuat dari rebusan ikan, daging sapi, lada, tofu, dan telur
  10. Yangnyeom Tongdak
    Makanan ini merupakan ayam goreng khas korea yang bila Anda mencobanya, mungkin tidak akan lagi ke Kentucky Fried Chicken, tapi beralih ke Korean Fried Chicken. Saus dengan rasa manis bercampur pedas adalah sensasi pertama saat Anda menggigitnya. Setelah itu tekstur empuk daging ayam Yangnyeom Tongdak akan terasa renyah. 

0 komentar: